Rabu, 18 Juli 2012

E-mail an from someone


Technical
From               :     “Feri AB” ferri@dac.co.id
To                     :     dacgroup@dac.co.id
Sent                 :     Friday, April 25, 2008 8:26 AM
Subject           : OLEH-OLEH DARI GREEN FESTIVAL SENAYAN 18-20 APRIL 2008

OLEH-OLEH DARI GREEN FESTIVAL SENAYAN 18-20 APRIL 2008

SAMPAH
Tiap harinya warga Jakarta menghasilkan sampah 6000 ton atau sekitar 860 ribu ton CO 2 /Tahun. Sampah yang dihasilkan oleh setiap warga Jakarta setiap harinya 3 liter atau setara dengan 64,8 kg CO/Tahun. Maka seluruh sampah yang dihasilkan warga Jaarta dalam seminggu dikumpulkan, maka bisa memenuhi Stadion Utama Senayan.

MAKSIMALKAN PENGGUNAAN MATAHARI
Kalo bisa pakai cahaya matahari GRATIS, kenapa harus menyalakan lampu? Jangan biarkan tirai jendela menghalangi masuknya cahaya matahari ke dalam ruangan. Tahukah KAMU? Sekitar 40 % penggunaan listrik di rumah, dipakai untuk penerangan  atau lampu

KENAPA HARUS HEMAT LISTRIK PADA PUKUL   17.00-20.00 WIB????
Jika 10 juta pelanggan di Jawa-Bali mampu menghemat listrik sebesar 50 watt selama pukul 17.00-22.00 WIB maka untungnya:
Energi Listrik yang berhasil dihemat sebesar 2.500MW/hari
Biaya yang bisa dihemat Negara sebesar Rp 5,25 milyar/hari
Emisi CO2 yang dihasilkan bisa diturunkan pada jam tersebut pengguna listrik Jawa-Bali hamper mencapai  15.000MW, sementara kapasitas pembangkit Jawa-Bali hanya 15.000MW

KERUGIAN YANG TIDAK DISADARI
Pada kondisi Stand by, alat elektronik masih mengalirkan listrik sebesar 5 watt. Membiarkan tv, computer, tape, dan DVD player dalam kondisi stand by selama 8 jam/hari berarti kita melakukan PEMBOROSAN listrik sebesar 160  watt jam/hari. Membuang uang sebesar Rp 35.000/tahun. Memboroskan emisi sebesar 43kg CO2/tahun. Printer yang sedang tidak digunakan namun kabelnya selalu terpasang akan menghasilkan emisi sebesar 21 kg CO2 ATAU Rp 17.000/tahun
MONITOR KOMPUTER
Monitor Komputer  jenis LCD  ternyata lebih hemat dibandingkan jenis CRT. Monitor jenis LCD hanya memerlukam listrik sebesar 40 watt, sedangkan CRT 120 watt. Saat standby monitor LCD 5 watt, sedangkan monitor CRT 20 watt

TIPS MENGHEMAT LISTRIK PADA KULKAS
Periksa karet pintu kulkas dengan cara menyelipkan kertas pada pintu kulkas saat menutup kulkas, jika kertas meluncur jatuh, itu artinya kulkas tidak dapat menutup rapat. Ganti karet tersebut agar kulkas tetap dingin. Hinadri memasukkan makanan dan minuman yang masih panas ke dalam kulkas, karena akan membuat kulkas bekerja lebih berat. Isi kulkas dengan barang secukupnya agar tetap dingin. Pilih kulkas yang melakukan defrost secara otomatis, karena lebih hemat energy. Pilih kulkas yang sesuai kebuthuan anda, semakin besar ukuran kulkas semakiin besar watt nya.

TIPS MEMILIH AC
Pilih Kapasitas AC yang tepat,dengan acuan kapasitas berkisar setara 600BTU/jam/m2 . pilihlah AC dengan Freon yang ramah lingkungan seperti Freon hydrocarbon. Pilihlah AC dengan kemampuan mendinginkan yang paling tinggi namun dengan energy yang paling sedikit.

TIPS MENGHEMAT KERTAS DIKANTOR
Hindari mencetak dokumen yang tidak penting. Gunakan kertas bolak balik, tindakan ini bisa menghemat penggunaan kertas 50%. Kumpulkan kertas yang sudah digunakan untuk mengeprint tetapi satu sisinya masih kosong. Pakai ulang kertas tersebut untuk mencetak dokumen atau buku catatan.

KALAU SETENGAH WARGA JAKARTA MENGISTIRAHATKAN MOBILNYA
Terbebas dari kemacetan, karena jumlah kendaraan bermotor milik pribadi di jalanan berkurang. Hemat BBM. Mengurangi polusi udara, karena berkurangnya zat polusi udara. Ruang terbuka hijau semakin luas karena kebutuhan akan lahan parker berkurang.

 PRODUK IMPORT
Produk Import menghasilkan emisi CO2 dalam proses pengirimannya. Menggunakan produk dalam negeri berarti turut mencegah pemanasan global.

Tidak ada komentar: