Senin, 02 Juli 2012

PELATIHAN MARKETING

KEPRIBADIAN PENJUAL
Mencari peluang, Tidak Putus Asa, Membuat Rencana, Membangun Citra Diri, Kreatif, Proaktiif, Antusias Tinggi

PENYAKIT PENJUAL
Kurang tahu produk,tidak percaya diri, ragu-ragu, cepat puas dengan hasil yang ada, banyak tugas

KESALAHAN PENJUAL
Tidak memiliki persiapan, bicara pada orang yang tidak tepat, tidak memiliki ketrampilan mendengarkan, terlalu banyak memberi info, Masalah intonasi, Takut ditolak.

EMPAT PRINSIP PENJUALAN
Proses, Permainan Angka, Masalah Komunikasi, Disiplin

Approach: Kontak 1 x
Segmentasi pelanggan: Red zone (persaingan kuat) dan Green zone (persaingan lemah)

TAHAPAN
1. Presentation
2. Demonstration
3. Objection
4. Closing
5. Follow Up : Siapa tahu pelanggan bisa beli produk lain, (kasih referensi)

PERAN DALAM PROSES PEMBELIAN
1. Inisiator
2. Influencer
3. Decider
4. Approver

KENAPA SULIT MENCARI PROSPEK???
1. Belum mendaftar dengan cermat semua teman atau anggota karena malas
2. Pesimis
3. Tidak meminta bantuan teman
4. Tidak percaya diri jadi tidak bisa meyakinkan orang lain

TIPS APPROACH
1. Dongkrak penjualan dengan Sales script
2. Mendapatkan lebih banyak janji

CLOSING
1. Penutupan asumsi hipnosis
2. Menggunakan kata "ya"
3. Mengemukakan manfaat
4. Barang terbatas
5. Mengenali sinyal pembelian pelanggan

Membuat anda dikenal : jangan malu, bikin kartu nama
Menerima penolakan tanpa sakit hati
Mengubah pikiran negative menjadi positive
Memiliki kegigihan

MENGELOLA SALES FORCE
Sales: Customer Acquistion, Aware Target Market, Customers

FILOSOFI PASAR PENJUALAN
Salesman tidak dapat menjamin hasil, namun mereka dapat melakukan aktivitas yang diperlukan agar membuahkan hasil

Kelola hasil = kelola aktivitas
Jadi yang utama itu aktivitasnya
Faktor yang mempengaruhi: Kuantitas, Kwalitas, dan Arahan Aktivitas

Kompotensi > Aktifitas > Results

Kompetensi : Attitude, Skills, Knowledge
Aktivitas      : Kuantitas, Kualitas, Arahan

No Define target > not management
Planned Activities > Management by Hope
Planned Competency set > Management by Fear

ONLY WHEN YOU HAVE  DEFINED TARGET THEN YOU CAN PLAN THE ACTIVITIES
THEN YOU CAN PLAN THE COMPETENCY SET AND MANAGEMENT BY OBJECTIVE IS YOURS


POAC : Planning, Organizing,.......

DUNIA INI MILIK ORANG- ORANG YANG ANTUSIAS







FRAME WORK
Outlook                     >                  Designing                 >               Architecture        >      Aligning
Competitor                                      Explore                                    Strategic                    Comercial
Change                                            Engage                                      Tactic                         
Customer                                        Execute                                      Value         
Competitor
Company



AIDA MODEL
Unawareness           >            Awareness                 >           Interest        >          Desire         >        Action
                                        Memahami  Produk          
                                               Prospek


TEKNIK MENAWARKAN SOLUSI

Feature          : Fakta netral, data, informasi, dan karakteristik
Advantage     : Menunjukkan bagaimana produk kita bisa digunakan untuk membeli pembeli 
Benefit           : Bagaimana suatu produk memenuhi kebutuhan exsplisit

















Tidak ada komentar: